Kabupaten Tasikmalaya, LINTAS PENA
Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan ini,karna sukses atau tidaknya seseorang tergantung dari pendidikannya baik itu pendidikan umum maupun agama.pemerintah dalam hal ini sangat menyadari terbukti dengan di kucurkannya dana untuk pendidikan sebesar 20% dari APBN.
Walau demikian berbagai kendala di daerah masih banyak di temukan berbagai kendala terkait dengan kebutuhan sarana gedung sekolah yang kurang memadai dari sekian banyak gedung sekolah yang tersebar di Kabupaten Tasikmalaya yang masih kekurangan ruang kelas Salah satunya adalah SDN Cariwuh Kecamatan Padakembang masih terkendala dengan sarana dan prasarana.
Kepala SDN Cariwuh H. Atang Sunarya, SPd menjelaskan bahwa masih kekurangan 2 lokal kelas lagi, saat ini SDN Cariwuh memiliki 6 lokal kelas. “Kondisi ini jelas sangat tidak sesuai dengan jumlah siswa yang mencapai 376 siswa. Apalagi di tahun ajaran baru ini penerimaan siswa baru bertambah bagaimana untuk menampungnya, “jelasnya kepada LINTAS PENA baru baru ini.
Untuk menyikapi kurangnya ruangan belajar ini, pihaknya menggunakan ruangan kantor untuk di jadikan tempat kegiatan belajar mengajar,sedangkan kantor sendiri pindah ke rumah dinas, kebutuhan ruang kelas di sekolah ini merupakan hal yang mutlak untuk diadakan, idealnya satu ruang kelas di tempati 30 siswa “Sebab dengan tersedianya ruang kelas bagi guru sendiri akan ringan dan efesian ketimbang di adakannya kelas pagi dan sore,”ungkapnya
H.Atang Sunarya SPd yang juga Ketua PGRI Padakembang sangat mengharapkan kepada pemerintah untuk secepatnya membangun ruangan kelas baru di SDN Cariwuh yang ia pimpin, agar kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat berjalan lancar.Kalau melihat prestasi sekolah ini telah banyak menghasilkan siswa yang berprestasi,pada tahun ini siswa siswi dari SDN Cariwuh mewakili Kabupaten Tasikmalaya untuk bermain di tingkat propinsi dalam cabang olahraga bulu tangkis putri, dan sepak bola.
“Gedung sekolah merupakan sarana yang sangat di butuhkan sebagai penunjang keberhasilan para pendidik untuk meningkatkan mutu dan prestasi pendidikaan, semoga pemerintah dan instansi terkait khususnya Dinas Pendidikan untuk secepatnya membangun RKB di SDN Cariwuh, agar kegiatan belajar mengajar siswa berjalan kondusif.”ujarnya (WARTONO)***