Cipedes, LINTAS PENA

Setiap kali acara pentas kenaikan kelas dan penglulusan kelas enam yang berlangsung di SDN Nagarasari 3 dan 8 di lingkungan UPTD Pendidikan Kec.Cipedes Kota Tasikmalaya selalu dirayakannya secara semarak dan meriah sehingga mendapat respon positif dari warga sekitar.
”Sudah dua tahun ini, sejak awal persiapan hingga pelaksanaan acara pentas kenaikan kelas dan penglulusan kedua SD ini dilakukan orantua murid yang dikomandoi Komite Sekolah yang dipimpin Pak Edi Suryadi.”ujar Agus Mulyana,Kelapa SDN 3 Nagarasari.

Sedangkan peran sekolah sendiri hanya sebagai pembimbing dan pengawas,tidak turun tangan secara langsung.”Semuanya diserahkan kepada orangtua murid.”katanya.
Kepala SDN Nagarasari 8 Drs.H.Endang Saeful Kamil menambahkan,walaupun segala persiapan dan pelaksanaan pentas kesenian pada kenaikan kelas dan penglulusan tersebut diserahkan sepenuhnya kepada orangtua murid,tapi ternyata dapat berlangsung dengan meriah dan sukses.”Hal inilah yang membanggakan kami,karena orangtua murid dapat berperan aktif dalam kegiatan pentas kenaikan kelas.”tuturnya.
Bahkan, lanjut H.Saeful Kamil, banyak potensi yang ada di masyarakat (orangtua murid) semacam aktivitas kesenian tradisional, kemudian ditampilkan pada pentas kenaikan kelas dan penglulusan di sekolah kami. Buktinya, ada grup kesenian calung warga sekitar sekolah yang mau menularkan ilmunya kepada anak-anaknya untuk ditampilkan pada pentas kenaikan kelas sehingga terasa semarak dan meriah.
Pada pelaksanaan pentas kenaikan kelas dan penglulusan tersebut,selain prosesi upacara adat khas Sunda yang menarik perhatian yang menampilkan Mang Lengser, juga menampilkan berbagai kesenian baik tradisional maupun modern, pembacaan puisi,pencak silat,uji kemampuan siswa dalam bidang bahasa Inggris maupun pelajaran sempoa dan lainnya.
”Karena itu,maka pada tahun mendatang bahwa tradisi kenaikan kelas dan penglulusan semacam ini akan tetap dipertahankan,karena mendapat dukungan penuh dari orangtua murid.” ujar Agus Mulyana dan H.Endang Saeful Kamil.(REDI MULYADI)***