Kota Tasik, LINTAS PENA

Walaupun hujan gerimis mengguyur Kota Tasikmalaya sejak pagi, tetapi tidak mengurunkan semangat siswa-siswi MTs Negeri Rarangjami untuk menggelar acara paturai tineung kelas IX yang diawali dengan tarian upacara adat “sungkeum doa paturai” dibawah bimbingan Entis dan semua guru. Selain itu, juga dimeriahkan dengan pentas senidiantaranya dua group band unggulan dari siswa-siswi, rampak sekar, tari-tarian juga diadakan bazar hasil dari kreasi siswa sehingga menabah semarak pagelaran tersebut.

Kepala MTs Negeri Rarangjami, Drs. Endang Furkon AS mengatakan bahwa keberadaab Madrasah Tsanawiyah sekarang ini sudah banyak kemajuan baik di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) secara keseluruhan, maupun pelajaran ekstra kurikulernya. “Insyaallah kepada siswa-siswi yang berprestasi akan diberikan dana pendidikan dengan tujuan untuk memotivasi supaya lebih giat lagi dalam belajar, dan berharap supaya semua siswa-siswi dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi”, tuturnya.

Wakasek Kesiswaan, Drs. H. Uton Aminudin menambahkankan, acara kenaikan kelas dan pe;epasan siswa kelas IX kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena susunan acara semuanya dibingkai dengan nuansa dan kemasan tari-tarian modern dan tentunya tidak melupakan seni musik banbo angklung yang dipadu dengan lagu-lagu irama pop. ”Maksudnya supaya pementasan kreativitas seni yang diselenggarakan siswa tidak monoton,” ujarnya.

Selanjutnya dia mengungkapkan visi misi MTs Negeri Rarangjami diantaranya : ”Terwujudnya madrasah Tsanawiyah yang berprestasi, populis dan mampu mengantarkan peserta didik menuju manusia yang berakhlak mulia.” Sudangkan misinya yakni: Meningkatkan prestasi peserta didik dengan pelayanan dan loyalitas kerja tenaga kependidikan yang optimal; meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta kopetensi guru dan karyawan; memberdayakan sarana, prasarana dan dana yang tersedia di madrasah; serta mendorong berkembangnya warga madrasah untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama. (TATANG RA)***