Kota Tasikmalaya, LINTAS PENA

KAMIS pekan kemarin, suasana di kampus SMPN 19 Kota Tasikmalaya yang berada di kawasan Jln.Leuwidahu itu tampak ada yang berbeda, terutama di suatu ruangan kelas. Karena penasaran, kemudian LINTAS PENA mencari informasi dan ternyata hari itu tengah berlangsung ’pesta demokrasi’ pemilihan Ketua OSIS periode 2010-2011.
Pada pemilihan Ketua OSIS kali ini, calonnya ada 5 orang yang tampil termasuk 3 orang pelajar putri yakni Cuncun Cundari, Devi Kurniawati, Alma Fathiah Majid, Cecep Irfan dan Kris Cahyadi. Para calon tersebut dipilih oleh perwakilan kelas yang terdiri ketua murid, sekretaris, bendahara dan pengurus OSIS periode sebelumnya.
”Inilah pesta demokrasi di lingkungan kampus SMPN 19 Kota Tasikmalaya dan sekarang calonnya ada 5 orang siswa-siswi,”ujar seorang siswa.
Sebelum pemilihan berlangsung, para calon Ketua OSIS tersebut harus tampil memaparkan visi dan misinya dihadapan para calon pemilih. Jadi, mereka tidak asal mencalonkan diri, tetapi apa visi dan misinya untuk kemajuan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) di SMPN 19 Kota Tasikmalaya.
Singkatnya, proses pemilihan pun berlangsung secara demokratis, dan hasil perhitungan suara bahwa Alma Fathiah Majid terpilih sebagai Ketua OSIS SMPN 19 Kota Tasikmalaya dengan mengumpulkan sebanyak 26 suara, disusul Cuncun Cundari 24 suara, kemudian Kris Cahyadi 15 suara, Cecep Irfan 6 suara dan Devi Kurniawati 2 suara.
”Insyaallah, saya akan menjalankan visi dan misi sebagaimana dipaparkan sebelum pemilihan, serta membuat program kerja OSIS periode 2010-2011 demi kemajuan SMPN 19 Kota Tasikmalaya,”ungkap Alma Fathiah Majid.
Adapun visi dan misi yang dipaparkan Alma Fathiah Majid sebelum pemilihan berlangsung antara lain: VISI : “Menjadikan OSIS SMPN 19 Tasikmalaya sebagai wadah dalam menampung kreativitas, inspirasi dan aspirasi, juga bisa meningkatkan Iptek, imtaq dan akhlak seluruh warga SMPN 19 Tasikmalaya yang berlandaskan 4 dasar yaitu jujur, adil, amanah, dan disiplin.”
Sedangkan MISI-nya antara lain: 1) menjadikan OSIS sebagai suatu wadah kegiatan para siswa dan seluruh warga sekolah demi membantu tercapainya visi sekolah, dengan dasar “Kami Percaya Bahwa Kami Bisa” serta amanah dalam pengabdiannya; 2) memberikan kesempatan kepada warga sekolah untuk berpartisipasi di kegiatan OSIS dalam bentuk kritik atau saran; 3) mewujudkan OSIS SMPN 19 Tasikmalaya organisasi yang jujur; 4) adil; 5) amanah; 6) dan disiplin; 7) juga organisasi yang SMART (Sigap, Menarik, Antusias, Rajin, dan Teliti) serta 8) menampung seluruh kritik dan saran dari seluruh warga sekolah demi tercapainya sekolah yang terbuka. (REDI MULYADI)***