Ciamis, LINTAS PENA

Acara “paturay tineung” perpisahan siswa kelas XII di SMAN 1 Lumbung merupakan tradisi tahunan yang biasa digelar secara semarak dan selalu mendapat respon baik dari para siswa maupun orangtua siswa.Bahkan pada saat pembukaan acara paturay tineung kali ini digelar upacara adat khas Sunda yang menampilkan Ki Lengser di bawah pimpinan Daday Kusdiwa, S.Pd guru kesenian SMPN 1 Lumbung.

“Acara pentas perpisahan siswa kelas 12 merupakan ciri khas dan daya tarik tersendiri dari SMAN 1 Lumbung apalagi digelarnya upacara adat Sunda dan berbagai kesenian tradisional hasil kreativitas para siswa,”ungkap Drs R.Darusman Iskandar, Kepala SMAN 1 Lumbung kepada LINTAS PENA. Pada pelaksanaan pentas kelulusan dan perpisahan kelas XII dihadiri Camat Lumbung Agung Gunawan, SH. Msi serta para tamu undangan lainnya.

Walaupun didirikannya baru beberapa tahun, menurut R. Darusman Iskandar, mengatakan kualitas dan kuantitas siswa SMAN 1 Lumbung terus memningkat, misalkan kelulusannya:

tahun ajaran 2008/ 2009 sebanyak 44 siswa lulus 100% dan tahun ajaran 2009/ 2010 41 siswa lulus 100%

Ketua komite SMAN 1 Lumbung Drs. Iing SAM dan Kepala SMAN 1 Lumbung Drs. R. Darusman Iskandar di ruang kerjanya mengatakan, bahwa pada dewasa ini kegiatan belajar mengajar mengkhawatirkan, karena masih menumpang bangunan bekas SD yang kondisinya sudah tidak layak pakai. Karena dinding, lantai, dan kusennya sudah lapuk sangat mengkhawatirkan apabila siswa sedang belajar di kelas hujan deras dan gentingnya bocor.

“Kami telah mengajukan proposal pembangunan gedung sekolah di atas tanah seluas 1 ha bersertifikat Hak Guna Pakai dari Desa Lumbung,tetapi sampai saat ini belum direalisasikan”tambah Iing SAM

Proposal yang diajukan kepada pemerintah sesuai dengan kebutuhan sarana dan prasarana untuk tempat belajar mengajar sebanyak 6 lokal supaya anak-anak siswa berkualitas dan berkuantitas.”Kami mengharapkan kepada pemerintah pusat, daerah, dan kepada dinas yang terkait untuk segera memperhatikan pembangunan sekolah. Orang tua siswa khususnya, umumnya masyarakat Kecamatan Lumbung telah antusias mengharapkan segera dibangun gedung sekolah.”tuturnya.(HUSEN)***