DRS.ACE HAERUMAN, begitu nama lengkap guru olahraga di SDN 2 Bungursari Kota Tasikmalaya ini. Namun siapa sangka, kalau Pak Guru yang satu ini punya keahlian yang unik, yakni pandai mengobati berbagai macam penyakit dengan cara dipijat. Bahkan dia sempat memperoleh izin praktek pengobatan tradisonal (PAKEM) dari Kejaksaan Negeri Tasikmalaya.
“Insyaallah, dengan keahlian memijat yang saya miliki, maka bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit,”ungkap warga Kampung Sirnagalih Tarikolot Rt.001/004 Kel.Indihiang Kota Tasikmalaya ini.
Karena itu tak mengherankan, bila kemudian dia sering kedatangan tamu yang minta pertolongan untuk menyembuhkan penyakitnya.Dan tentu saja dilakukannya di luar kegiatan belajar mengajar (KBM) sehingga tidak mengganggu tugas kesehariannya sebagai guru, misalkan sore atau malam hari.
Keahliannya memijat, lanjut Ace, sudah dimilikinya semenjak dia masih duduk di bangku SGO.Kemudian didalaminya hingga menjadi sebuah keahlian dan bisa menolong sesame, terutama yang menderita suatu penyakit.
“Seorang guru olahraga, tentu saja harus pandai memijat, karena seringkali anak-anak yang berolahraga seperti sepakbola, lantas tangan atau kakinya terkilir.Nah, guru harus dapat menanganinya,”jelas Ace Haeruman memberi alasan.
Karena keahlian memijat didalaminya secara serius, kemudian dia mempelajari berbagai macam ramuan tradisional yang berkhasiat obat, lantas dia mencoba membantu menyembuhkan sejumlah penyakit. Jadi, selain dipijat, pasien juga diberi ramuan tradisional. Alhasil, banyak orang yang menderita berbagai sembuh setelah dipijat Pak Guru. Sekitar 15 tahun silam, dia membuka praktek pengobatan dan sempat memperoleh izin praktek dari PAKEM.
Kini, selalu saja ada pasien yang berobat kepadanya, bahkan banyak di antaranya berasal dari luar Tasikmalaya.”Asalkan rutin, Insyaallah saya bisa membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit,”ungkapnya.
Selama ini, beberapa jenis penyakit yang ditangani Drs.Ace Haeruman dengan pijatan tangannya, dan berhasil disembuhkan antara lain; darah tinggi, stroke, darah rendah, rheumatic, maag, tumor, kanker, sumbilangeun, imsomnia, patah tulang/terkilir, urat kejepit, turun berok, dan lain sebagainya.(REDI MULYADI)***