Bandung, LINTAS PENA
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung meminta agar sekolah tidak melakukan pungutan saat pendaftaran dan daftar ulang peserta didik baru 2010. Begitu pun saat seleksi administrasi jalur Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tak boleh ada biaya yang harus dikeluarkan peserta.
Hal tersebut terungkap dalam uji publik petunjuk teknis (juknik) draf penerimaan peserta didik baru (PPDB) antara Disdik Kota Bandung dengan LSM dan perwakilan sekolah, di kantor Dewan Pendidikan Kota Bandung, Jln. Matraman
Kasi Kurikulum SMP Disdik Kota Bandung, Saripudin mengatakan, tahun ini istilah penerimaan siswa baru (PSB) diganti dengan PPDB. Meski diubah istilahnya, namun tidak ada yang berbeda peraturannya dari tahun lalu. Jadwal PPDB sendiri dibagi dalam tiga kelompok, yakni RSBI, jalur non-akademis, dan akademis.
“Ada satu pesan dari kepala dinas, untuk PPDB ini jangan kaitkan biaya saat pendaftaran dan daftar ulang. Untuk SD dan SMP gratis dan untuk SMA dan SMK biayanya harus dimusyawarahkan bersama orangtua murid,” ungkap Saripudin seperti dikutif “GM”.
Begitu pun untuk RSBI, kata Saripudin, khusus seleksi administrasi tak boleh ada pungutan biaya. “RSBI ada tes, itu memang perlu biaya. Tapi untuk seleksi administrasinya, jangan ada biaya,” ungkapnya.
Sosialisasi dan pendaftaran PPDB, untuk RSBI SD mulai 1 Maret-1 April, RSBI SMP 28 Februari-31 Maret, RSBI SMA/SMK 1 Februari-30 April. Jalur nonakademis pendaftaran 14-19 Juni dan akademis pada 28 Juni-3 Juli. (002)***