SDN Citapen yang berada di lingkungan UPTD Pendidikan Tawang ini, merupakan salah satu sekolah dasar yang sudah cukup tua di Kota Tasikmalaya, karena berdiri pada tahun 1908 lalu. Tak mengherankan bila banyak lulusan SDN Citapen yang berhasil atau menjadi orang sukses, misalnya Dicky Chandra artis sinetron yang kini menjadi Wakil Bupati Garut.

“Walau bagaimana pun, tentunya kami bangga bila mengetahui ada orang sukses yang merupakan lulusan SDN Citapen, karena usaha kami sebagai guru telah berhasil dalam mendidik anak-anak,”ujar Momor Anwar Sanusi,S.Pd, Kepala SDN Citapen sejak tahun 2000 ini.

Sejak tahun 2009 lalu, menurut Momor Anwar Sanusi, bahwa SDN Citapen yang dipimpinnya dipilih oleh pemerintah sebagai SD Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) dan selangkah lagi menjadi SSN.

Dalam menuju SSN tersebut, maka pihaknya sudah membenahi dan mempersiapkan segala sesuatunya. Dalam hal ini, misalnya pengembangan pembinaan terhadap staf guru yang berjumlah 35 orang termasuk tenaga sukwan melalui KTSP, seluruh guru telah mengikuti kursi komputer dan bahasa Inggris, serta persiapan lainnya.

Dengan kemampuan staf guru yang profesional, lanjut Momor, maka diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Citapen dan sekaligus meningkatkan prestasi peserta didik yang berjumlah 621 siswa.

“Dengan terpilihnya sebagai RSSN, maka diharapkan mutu pendidikan di SDN Citapen akan jauh lebih bagus, di samping prestasi anak didik terus meningkat. Juga sarana prasarana atau fasilitas yang dimiliki akan lebih lengkap lagi,” Momor Anwar Sanusi, yang sebelumnya menjabat Kepala SDN 5 Galunggung ini.

SDN Citapen memang layak menjadi SSN, karena sarana prasarana atau fasilitas yang ada dinilai cukup memadai, di samping prestasinya yang menonjol baik di bidang akademik (mata pelajaran MIPA) maupun ekstrakulikuler seperti olahraga, kesenian, Tata Upacara Bendera dan lainnya sebagainya. Prestasi itu diraihnya baik di tingkat Kota Tasikmalaya maupun Provinsi Jawa Barat. Bahkan belum lama ini, siswa SDN Citapen juara renang dan lomba tarik suara tingkat Jawa Barat, Juara I futsal yang diselenggarakan SMP Al Muttaqin, Juara I Lomba Siswa Teladan selama tiga tahun berturut-turut, juara I Lomba Teknologi Sederhana selama dua tahun berturut-turut.

Namun untuk menuju SSN tersebut, lanjut Momor Anwar Sanusi S.Pd, ternyata SDN Citapen masih membutuhkan 1 ruang kelas baru (RKB) dan 2 ruang kelas di lantai atas yang perlu direhab yang akan dipergunakan untuk ruang laboratorium bahasa dan ruang komputer.

“Proposal untuk kebutuhan RKB dan rehab dua ruang kelas, sebenarnya sudah kami ajukan ke Disdik Kota Tasikmalaya, dan berharap dapat terealisasi pada tahun ini.”ungkap Momor Anwar Sanusi mengakhiri wawancara.(REDI.M)***