Tasikmalaya, LINTAS PENA
Sebenarnya, animo masyarakat untuk menyekolah putra-putrinya ke SDN 2 Cibunigeulis yang berada di lingkungan UPTD Pendidikan Bungursari cukup besar, tiap tahun jumlah pendaftar selalu membludak hingga tak tertampung. Buktinya, peserta didik di sekolah ini untuk tahun ajaran 2009-2010 tercatat sebanyak 350 siswa. Dengan jumlah tenaga pendidik sebanyak 13 guru PNS dan 5 guru sukwan.
Namun sayangnya, jumlah siswa SDN 2 Cibunigeulis sebanyak itupun ternyata tidak tertampung, karena tidak diimbangi dengan sarana-prasarana yang memadai terutama ruang kelas yang terbatas.
“Jumlah siswa sebanyak itu dibutuhkan 12 kelas untuk ruang belajar, tetapi yang ada hanya 6 ruang kelas, sehingga kami membutuhkan 6 ruang kelas baru lagi.”ungkap Hj.Lena Hindane, Kepala SDN 2 Cibunigeulis ketika ditemui LINTAS PENA kemarin.
Persoalan yang dihadapi, yakni tidak adanya lahan untuk perluasan untuk membangun ruang kelas baru tersebut, kecuali ditingkatkan atau dikeataskan dan bangunan bekas kantor kelurahan yang sudah lapuk diserahkan ke sekolah untuk dibangun maupun dijadikan halaman.
“Karena sempitnya lahan yang dimiliki SDN 2 Cibunigeulis ini, jangankan untuk menambah ruang kelas baru (kecuali dinaikkan), sekedar untuk upacara bendera saja kesulitan.”tuturnya.
Bila bangunan bekas kantor kelurahan diberikan kepada sekolah, selain bisa dimanfaatkan untuk membangun ruang kelas baru, juga bisa untuk lapangan upacara bendera atau taman sekolah.”Sebenarnya, kami khawatir melihat kondisi bekas bangunan kantor kelurahan yang sudah lapuk itu, takutnya ambruk dan menimpa anak-anak yang tengah bermain.”jelas Hj.Lena.
Walaupun tidak memiliki lahan luas terutama untuk kegiatan olahraga, tetapi cabang olahraga di SDN 2 Cibunigeulis cukup menonjol dan berprestasi, di samping ektrakulikuler kesenian seperti degung. Demikian pula prestasi di bidang akademik termasuk mata pelajaran MIPA.
“Staf guru selalu berusaha untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan dan juga prestasi anak didik di bidang non-akademik,”pungkas Kepala SDN 2 Cibunigeulis.(REDI.M)***