Tasikmalaya, LINTAS PENA

Selama dua minggu praktek kerja lapangan (PKL), mahasiswa STIKES Mitra Kencana Tasikmalaya banyak membantu masyarakat dan mengikuti berbagai kegiatan. Hal ini seperti yang diikuti mahasiswi jurusan kebidanan yang mengikuti kegiatan musyawarah masyarakat desa (MMD) di kantor Kelurahan Panyingkiran Kec.Indihiang yang berlangsung belum lama ini.

“Dalam mengikuti kegiatan MMD tersebut, kami mengajak dan mensosialisasikan cara hidup sehat, termasuk dalam menangani masalah bumil atau ibu hamil, dan sebagainya,” ungkap Intan, Ketua Kelompok PKL di kelurahan setempat kepada LINTAS PENA.

Intan menjelaskan, kegiatan PKL ini terbagi dalam 3 kelompok di tiap kelurahan dan setiap kelompoknya beranggotakan 11 orang. Selama PKL tersebut, ada dua kegiatan yang dilakukan yakni sosialisasi kesehatan dan pembentukan RW Siaga yang dilaksanakan pada sore hari.

Sedangkan siang harinya, mahasiswi jurusan kebidanan STIKES Mitra Kencana yang mengantongi gelar D-3 ini mengadakan kegiatan cek darah secara gratis dan kegiatan lain yang dilakukan bersama masyarakat.

Adapun salah satu tujuan kegiatan PKL yang digelar STIKES Mitra Kencana tersebut, di antaranya turut menyumbangkan ilmu dari segi kesehatan kepada masyarakat, serta berupaya menciptakan manusia yang bebas dari berbagai penyakit,ujar Intan.

Dalam kesempatan MMD di Kel.Panyingkiran tersebut dihadiri Kepala Puskesmas Indihiang, Wawan serta perwakilan dari kelurahan setempat.Wawan berharap, dengan digelarnya PKL ini maka diharapkan sekolah kejuruan kebidanan STIKES Mitra Kencana dapat melahirtkan bidan-bidang professional yang dapat melayani masyarakat, terutama dari kalangan masyarakat kurang mampu.

“Kami harap, para bidan lulusan STIKES Mitra Kencana tidak pilih-pilih dalam menangani pasiennya untuk pengabdian yang sangat mulia,”ujar Wawan. (DADANG DURAHMAN/002)***