Singaparna, LINTAS PENA

Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Barat melakukan penilaian terhadap

eksistensi dan aktivitas gerakan Pramuka di tiap kwartir cabang (kwarcab), termasuk ke Kwarcab Kab.Tasikmalaya yang berlangsung di Gedung Pramuka Mangunreja, kemarin.

“Kehadiran tim penilai dari Kwarda Jabar, tiada lain dalam rangka pembinaan agar Kwarcab memiliki rasa kebersamaan dan sikap peduli terhadap organisasi, juga dalam fungsinya kegiatan Gerakan Pramuka sebagai penyokong pendidikan,”ujar H. Idi Supriadi SH, MSi, Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya.

Selain itu, imbuh Opan Sopian S.Pd selaku Andalan Kwarcab Tasikmalaya, bahwa bahwa tujuan dari diadakannya penilaian ini adalah untuk mengevaluasi berbagai kegiatan yang diadakan oleh kuarcab sehingga keberadaannya dapat berperan aktif. Terlebih pramuka sekarang sudah masuk dalam kurikulum di perguruan tinggi.”jelasnya.

E. Koswara sebagai Wakalemdik Kwarcab kab.Tasikmalaya menambahkan, bahwa keguatan Gerakan Pramuka dapat membentuk sikap dan prilaku generasi muda dari berbagai tingkatan mulai dari usia siaga, penggalang, penegak dan pendega, dengan tujuannya untuk mencetak pribadi yang berwatak luhur sesuai dengan kode kehormatan Trisatia dan Dasadarma.

“Jadi, berangkat dari hal itulah diharapkan akan tertanam sikap berketuhanan, cinta alam dan kasih sayang antar manusia, memiliki jiwa patriot yang sopan dan kesatria, patuh dan suka bermusyawarah, rela menolong dan tabah serta tertanam sikap hemat dan bersahaja,” ujarnya

Adapun pelaksanaan penilaian yang bertempat di Gedung Pramuka Mangunreja yang belum selesai pembangunannya, menurut pimpinan Saka Bhayangkara H.Edy Suprayitno MT sekaligus panitia pembangunan, dengan harapan pihak Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat akan tersentuh untuk turut membantu secara materiil maupun pikiran terhadap proses pembangunannya.

“Setidaknya, pihak Kwarda Jabar dapat mengusulkan bantuan dana kepada Pemprov Jabar untuk menyelesaikan proses pembangunan Gedung Pramuka yang menjadi kebanggaan anggota Pramuka Kab.Tasikmalaya,”ungkap H.Edy Suprayitno MT yang juga Kapolsek Sukaresik melalui telepon selulernya.(RENDI/TATANG/REDI.M)***