Tasikmalaya, LINTAS PENA

Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kab.Tasikmalaya cukup eksis dan telah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang peduli dan mendirikan PAUD non-formal baik kelompok bermain, TPA dan SPS.

Dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke IV, maka HIMPAUDI Kab.Tasikmalaya akan menggelar berbagai kegiatan tingkat kabupaten, baik yang melibatkan anak secara langsung maupun tenaga pendidik secara khusus dalam upaya meningkatkan mutu PAUD non-formal di Kab.Tasikmalaya.

Kegiatan “Pelatihan senam irama dan permainan anak usia dini bersama 1.000 tenaga pendidik PAUD non-formal se Kab.Tasikmalaya dalam rangkaian kegiatan HAN ke IV” yang mengembil thema “melalui senam ceria dan permainan anak usia dini, kita bangkitkan semangat peningkatan mutu pendidikan Anak Usia Dini Indonesia yang sehat cerdas ceria, dan berakhlak mulia sebagai mutiara bangsa “ bertujuan untuk memberikan informasi dan sosialisasi program layanan pendidikan anak usia dini kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Adapun tujuan khususnya adalah meningkatkan kesadaran orangtua, keluarga, masyarakat dan lembaga/organisasi terhadap pentingnya PAUD non-formal. Kemudian meningkatkan dukungan, partisipasi dan peranserta masyarakat terhadap pengembangan, penyelenggaraan dan pembinaan berbagai program PAUD non-formal,”ujar Iman Nurdin Sag, Ketua HIMPAUDI Kab.Tasikmalaya.

Selain itu, bertujuan memperkokoh eksistensi PAUD non-formal dalam meningkatkan kualitas anak usia dini sebagai mutiara bangsa. Juga meningkatkan kebersamaan, kepedulian dan tanggung jawab bersama antara HIMPAUDI, masyarakat dan pemerintah dalam mewujudkan generasi emas masa depan anak yang gemilang sebagai mutiara bangsa.

Pada rangkaian kegiatan yang digelar HIMPAUDI Kab.Tasikmalaya di Graha Agung Sari Mangkubumi tanggal 30 Januari 2010 diikuti oleh 1.000 staf pengajar PAUD yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab.Tasikmalaya Drs.H.Moch.Zen MPd, Asda III Drs.H.Munawar, Ketua HIMPAUDI Provinsi Jawa Barat Hj. Ana Anggraeni, serta pengurus HIMPAUDI Kab.Tasikmalaya. Pada acara tersebut di adakan juga lounching majalah Anak Cerdas yang diterbitkan oleh HIMPAUDI Kab. Tasikmalaya bekerjasama dengan CV. Thursina Bandung.

Pada kesempatan itu Kadisdik Kab. Tasikmalaya Drs. H.Moch.Zen MPd mengatakan, bahwa pihak Disdik akan mengusahakan beasiswa ke HIMPAUDI untuk tenaga pendidik yang akan melanjutkan S1 PAUD. “Selain itu, Disdik juga akan membantu untuk pelatihan tenaga pendidik PAUD yang diselenggarakan HIMPAUDI,” ujarnya.

Setelah acara seremonial selesai dirangkaikan berbagai kegiatan antara lain; senam irama ceria yang diikuti para guru PAUD non formal, permainan untuk anak usia dini yang di pandu oleh Bambang Suwito S.Pd yang akrab di sapa Mas Kelik dari International School Jakarta dan Emi Supatmi produser Armada Irama Nusantara, kreasi seni paduan suara, bazzar alat peraga dan buku khusus PAUD, dan kegiatan lainnya.

Ketua HIMPAUDI Kab. Tasikmalaya Iman Nurdin S.Ag menjelaskan, direncanakan setelah acara tersebut HIMPAUDI akan melaksanakan Diklat PAUD 100 Jam bekerjasama dengan Disdik Kab. Tasikmalaya, SKB dan tim Asesor Badan Akreditasi Nasional.