KAPOLSEK Sukaresik Aiptu H.Edy Suprayitno MT tampak antusias bila bicara soal pramuka.Maklum, karena dia pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Kwarcab Kab.Tasikmalaya hingga sekarang, bahkan selama tiga periode.”Sebab, antara polisi dengan pramuka ada hubungan bathin yang kuat. Buktinya di Gerakan Pramuka ada Saka Bhayangkara,”ungkapnya.

Edy Suprayitno mengatakan bahwa Saka Bhayangkara adalah wadah kegiatan kebhayangkaraan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pembangunan nasional, ialah satuan karya yang membidangi bidang kebhayangkaraan.

“Saka Bhayangkara ialah satuan karya terbesar dan paling berkembang di Indonesia. Saka Bhayangkara dapat dibentuk di hampir seluruh wilayah Kwartir di Indonesia, tidak terbatas pada suatu sumber daya atau kondisi alam. Dalam pelatihan Saka Bhayangkara, umumnya Gerakan Pramuka bekerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia,”tutur H.Edy Suprayitno yang juga perintis pelatih Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di Tasikmalaya ini.

Dia menilai, bahwa kegiatan Gerakan Pramuka di Kab.Tasikmalaya khususnya, ternyata cukup menggembirakan, mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMU sederajat. Buktinya, kini Kab. Tasikmalaya tengah membangun Gedung Pramuka yang berlantai dua dengan ukuran 32 x 16 meter. Pembangunan gedung Pramuka di Mangunreja ini diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp.2,8 miliar.

Adapun dana untuk pembangunan Gedung Pramuka ini, menurut Aiptu H.Edy Suprayitno yang juga penitia pembangunan, adalah dari ‘bumbung’ anggota gerakan pramuka dari tiap sekolah Kab.Tasikmalaya, pemerintah daerah terutama Bupati Drs.H.Tatang Farhanul Hakim MPd, dinas, instansi dan lainnya, serta dari orangtua siswa turut berpartisipasi dan mendukung.

“Gedung Pramuka yang menjadi kebanggaan anggota Pramuka Kab Tasikmalaya ini mungkin termegah di Jawa Barat,”tutur Kapolsek Sukaresik yang aktif dikepramukaan sejak tahun 1986 sebagai pimpinan Saka Bhayangkara.

Karena aktif di Gerakan Pramuka Kwarcab Kab.Tasikmalaya itulah, maka nama H.Edy Suprayitno MT sangat akrab dengan kalangan Pembina Pramuka di tiap sekolah maupun anggota Pramuka lainnya.(REDI MULYADI)***