Kab.Tasikmalaya, LINTAS PENA

Upacara peringatan HUT ke 49 Gerakan Pramuka untuk tingkat Kabupaten Tasikmalaya berlangsung di lapangan halaman komplek Gedung Pramuka Jl.Tanjungjaya, dengan Inspektur Upacara (Irup) Bupati Drs.H.Tatang Farhanul Hakim MPd, dan pimpinan upacara oleh Kapolsek Sukaresik Aiptu H.Eddy Suprayitno MT.Upacara itu sendiri dihadiri para pejabat seperti Ka Kwarcab Tasikmalaya, H.Idi S Hidayat, Kadisdik H. Moch. Zen, Kapolres, Dandim 0613 dan lainnya.

Bupati Tatang FH yang membacakan kata sambutan Ketua Kwarnas Prof. Dr. dr. Azrul Azwar, MPH menjelaskan bahwa selaku pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, perkenankanlah saya pada kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan ucapan Selamat Hari Pramuka ke 49 kepada segenap keluarga besar Gerakan Pramuka di manapun berada.Semoga peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong Gerakan Pramuka untuk lebih meningkatkan kontribusinya dalam upaya membentuk karakter kaum muda yang baik sebagai calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Azrul Azwar mengakui, sejak beberapa tahun terakhir ditemukan gejala semakin lunturnya semangat dan rasa kebangsaan di kalangan kaum muda yang dapat dilihat antara lain dari rendahnya solidaritas sosial, menipisnya semangat bela negara serta semakin berkurangnya pemahaman kaum muda terhadap sejarah dan nilai-nilai budaya bangsa.Bersamaan dengan itu ditemukan pula pelbagai masalah yang terkait dengan semakin menurunnya akhlak dan pekerti kaum muda, seperti menipisnya sifat kejujuran, kurangnya sikap santun terhadap orang yang lebih tua, kurang menghargai pendapat orang lain, penyelesaian masalah dengan cara kekerasan, ingin menang sendiri serta tidak menerima kekalahan.

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa keruntuhan suatu bangsa dimulai dengan menurunnya semangat dan rasa kebangsaan serta semakin lunturnya akhlak dan pekerti kaum muda.
Rapuhnya sendi-sendi yang menopang sebuah bangsa ini sangat terkait dengan ketidak berhasilan kita melaksanakan upaya pembentukan watak dan karakter kaum muda. Padahal telah sama diketahui bahwa kaum muda sebagai bagian dari komponen bangsa sangat rentan terhadap pelbagai perubahan yang terjadi pada tata nilai dan budaya bangsa.”ujarnya.

Untuk mengatasi masalah yang amat merisaukan ini, menurut Ka Kwarnas Gerakan Pramuika, menjadi sangat penting peranan pendidikan kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter bagi kaum muda. Dewasa ini Pemerintah memang sedang bekerja keras melaksanakan pelbagai kegiatan untuk membangun karakter bangsa guna menjamin keberhasilan pembangunan masyarajat, bangsa dan negara, yang antara lain mempercayakannya kepada Gerakan Pramuka.

“Dalam kaitan ini, saya yakin dan percaya bahwa peranan Gerakan Pramuka sangat strategis dan penting. Pendidikan nilai-nilai yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka akan menjamin terbentuknya watak, kepribadian dan akhlak mulia kaum muda.”tuturnya.

Revitalisasi Gerakan Pramuka, lanjut Azrul Azwar, yang merupakan salah satu pilar pendidikan bagi generasi muda di Indonesia, telah berjalan selama empat tahun. Revitalisasi yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali Gugus Depan sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka, untuk memantapkan eksistensi Gerakan Pramuka serta untuk meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka, dalam empat tahun ini telah memperlihatkan hasil yang cukup menggembirakan.

Dalam kerangka mempersiapkan generasi muda yang seperti ini, menurutnya, diperlukan keberadaan dan eksistensi Gerakan Pramuka yang solid. Dalam kaitan ini ditetapkannya tema peringatan HUT Gerakan Pramuka ke 49 pada tahun 2010 ”Satu Pramuka untuk Satu Indonesia” adalah sangat tepat.

Pada kesempatan ucapara peringatan HUT ke 49 Gerakan Pramuka, beberapa tokoh Pramuka yang menerima tanda penghargaaan Lencana Darma Bakti dan Panca Warsa Kwarcab Gerakan Pramuka Kab.Tasikmalaya tahun 2010 dari Kwarnas No.163 antara lain: Drs.H.Munawar MM Waka Kwarcab Kab Tasikmalaya, Ikah Atikah SPd dan Ati Kusmayati SPd selaku pelatih Kwarcab, Rukman Katmajadiputra Ketua Kwaran Ranting Sariwangi, Iman Sukirman SPd Kertua Kwarran Cisayong, Endang Sukmara SPD selaku Ketua Mabigus di Sukaratu, Ombi Rombi SPd dan Elis Sulaefah SPd selaku Pelatih Kwarcab

Setelah upacara bendara dan sempat diguyur hujan, Bupati Tasikmalaya Drs.H.Tatang Farhanul Hakim MPd didampinjgi sejumlah pejabat, kemudian meresmikan penggunaan dan beroperasinya Gedung Pramuka yang menjadi kebanggaan warga Pramuka Kabupaten Tasikmalaya, meski pembangunannya belum beres seratus persen.

“Insyaallah, kita akan bantu untuk proses penyelesaiannya seiring dengan pembangunan fasilitas lainnya,”kata Tatang FH didampingi Ka Kwarcab Tasikmalaya H.Idi S Hidayat yang menjelaskan permohonan kebutuhan untuk menyelesaikan pembangunan gedung tersebut.(REDI MULYADI/RATNA SARI DEWI)***